TAHAPAN TES KOMPETENSI (ASSESMENT) SELEKSI TERBUKA JPT PRATAMA JABATAN SEKDA KABUPATEN BARITO TIMUR DILAKSANAKAN SECARA DARING (ONLINE)

Tamiang Layang — Ketua Panitia Seleksi Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Tahun 2020 Prof. Dr. Ir Bambang S. Lautt, M.Si, Rabu (3/6/2020) membuka secara resmi tahapan Uji Kompetensi/Assesment Seleksi Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Tahun 2020 di Ruang Laboratorium Komputer SMAN 1 Tamiang Layang.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda yang juga selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Barito Timur Jhon Wahyudi, AP., M.Si, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan telah mengikuti ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah serta telah memperoleh rekomendasi rencana seleksi dari Komisi ASN. Dilaporkan juga pada tahapan Uji Kompetensi/Assesment ini diikuti oleh 3 (tiga) peserta PNS yang saat ini sedang menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, yakni Ir. Franz Sila Utama, MAP (Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab. Barito Timur), Panahan Moetar, SE., M.Si (Kepala Bappeda Kab. Barito Timur) dan Ir. Riza Rahmadi (Kepala Dinas Pertanian Kab. Barito Timur) yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni tanggal 3 sampai dengan 4 Juni 2020.

Adapun Panitia Seleksi yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Barito Timur yang terdiri dari unsur akademisi dan unsur pemerintahan dari provinsi terkait, yakni pejabat pimpinan tinggi di Provinsi Kalimantan Tengah dengan susunan sebagai Prof. Dr. Ir Bambang S. Lautt, M.Si. Ketua Program Doktor (S-3) Universitas Palangka Raya selaku Ketua Panitia Seleksi, Dr. Sunaryo N. Tuah, SE, MP, Kepala Pusat Penelitian Kependudukan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Palangka Raya selaku Sekretaris Panitia Seleksi, Ir. Waluyo Nuswantoro, M.T, Dekan Fakultas Teknik Universitars Palangka Raya selaku anggota Panitia Seleksi, Fahrizal Fitri, S.Hut, M.P, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, selaku anggota Panitia Seleksi, dan Drs. H. Sapto Nugroho H.W., MM, Inspektur Provinsi Kalimantan Tengah selaku anggota Panitia Seleksi.

Untuk penilaian Kompetensi melalui tahapan Uji Kompetensi/Assesment Seleksi Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Tahun 2020 ini Pansel bekerjasama dengan assessment center yang berasal dari UPKM (Unit Pengembangan Kualitas Manusia) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dimana dalam pelaksanaannya dilakukan secara daring (online) mengingat kondisi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dengan tetap mengikuti ketentuan sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Ketua Pansel Prof. Dr. Ir Bambang S. Lautt, M.Si, mengatakan bahwa pelaksanaan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Jabatan Sekretaris Daerah yang terbuka dan kompetitif merupakan seleksi yang pertama kali dilaksanakan secara daring (online) di provinsi Kalteng, meskipun dilaksanakan secara daring, tetap berjalan sesuai tahapan dan rekomendasi yang ditetapkan oleh KASN sehingga diharapkan terselenggara secara transparan, objektif, kompetitif dan akuntabel yang kemudian sasarannya adalah terpilihnya calon pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan berdasarkan sistem merit. Dengan sistem merit tersebut, maka pelaksanaan promosi jabatan didasarkan pada kebijakan dan Manajemen ASN yang dilakukan sesuai dengan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.

Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara antara lain mengamanatkan bahwa Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan lainnya.

Setelah tahapan Uji Kompetensi/Assesment, akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya yakni penulisan makalah, presentasi dan wawancara, khusus untuk presentasi dan wawancara telah dijadwalkan akan diselenggarakan di Ruang Kuliah Program Doktor (S3), Gedung Pascasarjana Universitas Palangka Raya, alamat: Jl. Hendrik Timang, Kampus UPR Tunjung Nyaho, Palangka Raya Palangka Raya.

Turut hadir Sekretaris BKPSDM Kabupaten Barito Timur Drs. Dwi Aryanto, Kepala Bidang Jabatan, Pengembangan dan Kesejahteraan Aparatur BKPSDM Enricko Median Toni, S.Kom., MM, Kepala Sub Bidang Jabatan Aparatur Kova Ginarta, S.Sos., MA, Kepala SMAN 1 Tamiang Layang Istiqomah, S.Pd dan seluruh Tim Sekretariat Pansel Kabupaten Barito Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *