Sekapur Sirih

Assalamu’alaikum wr. Wb.
Salam damai sejahtera kepada kita semua.

Pengunjung laman bkpsdm.baritotimurkab.go.id yang budiman.

Di penghujung tahun 2019, dunia dikejutkan dengan kemunculan virus corona atau yang sekarang dikenal dengan nama resmi covid-19 (corona virus diseases 2019).

Mau tidak mau setiap lembaga atau instansi dipaksa untuk melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada pihak lain. Bila sebelumnya interaksi lebih sering dlam bentuk tatap muka maka dalam beberapa bulan terakhir ini publik lebih akrab dengan penggunaan jejaring digital melalui aplikasi yang menyediakan layanan pertemuan digital.

Keadaaan pandemi global ini secara motorik telah mengubah tata cara yang berperspektif disruptif dalam urusan pelayanan publik. Mengubah pola yang sebelumnya masih manual dan minim teknologi menjadi mekanisme yang serba digital.

Wabah covid-19 telah menjadikan sektor pelayanan publik bermetamorfosa menjadi adaptif dan digital. Metamorfosa pelayanan publik ini menjadi pelajaran penting kedepannya untuk terus berinovasi secara konkret dan nyata yang tidak hanya menonjolkan sisi teknisnya semata. Dukungan aparatur birokrasi yang handal dan melek teknologi sangat diperlukan untuk mewujudkan pelayanan publik dengan e-goverment yang lebih baik.

Penerapan pelayanan publik yang berbasis digital seharusnya diaplikasikan sedini mungkin. Pemanfaatan teknologi digital dengan didukung infrastruktur dan sumber daya manusia yang handal dirasa dapat menjembatani akses pelayanan publik ditengah pandemi.

Saat ini keberadaan internet menjadi sangat penting sebagai salah satu inovasi akses pelayanan publik disaat dunia sedang dilanda covid-19. Selain untuk pekerjaaan, publik juga memanfaatkan internet sebagai sarana interaksi sosial jarak jauh. Terlebih saat ini internet mudah diakses melalui smartphone yang bisa dibawa ke manapun. Konsep lain dari society 5.0 adalah menjadikan akses internet sebagai media untuk memindahkan apa yang ada di dunia maya ke dunia nyata. Memang terdengar paradoks di mana sebuah wabah pandemi dapat mengubah lini kehidupan manusia. Penerapan society 5.0 menjadi salah satu kunci keberhasilan transformasi pelayanan publik di era covid-19.

Kini BKPSDM Kabupaten Barito Timur ada pelayanan online yang disiapkan sebagai pendukung pelayanan publik ditengah pandemi.

Terakhir, Semoga informasi yang tersaji dalam laman ini bermanfaat, mohon maaf atas kekurangsempurnaan dalam penyajian, saran dan kritik anda sangat kami harapkan dan merupakan pendorong bagi kami untuk senantiasa berbenah. Terima kasih dan kebahagiaan bagi kami apabila Laman ini membawa manfaat bagi anda.

Wassalamualaikum wr.wb.